16 Oktober 2009

Ayo, Cuci Tangan Pakai Sabun!

Tanggal 15 Oktober kemarin, diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Paka Sabun (HCTPS) Se-dunia. Cuci tangan pakai sabun sendiri merupakan salah satu perbuatan kecil yang memiliki dampak yang sangat banyak. Salah satu dari mamfaat cuci tangan adalah ngebuat diri dan tangan kita bersih dan harum. Lebih dari itu cuci tangan pakai sabun juga akan mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit yang berkaitan dengan diare, thypus, bahkan flu burung sebesar 42 hingga 47 persen.

Agar hasilnya lebih maksimal, cuci tangan pakai sabun itu harus dilakukan sesuai waktunya. Selain sebelum dan sesudah makan, cuci tangan juga mesti kita lakukan saat sebelum melakukan kegiatan apapun yang memasukkan jari ke dalam mulut atau mata, setelah buang air, setelah membuang sampah, setelah bermain dengan unggas dan hewan peliharaan, setelah memasukkan dan mengeluarkan lensa kontak, dan sebelum kita mengobati luka.

Aku juga punya tips mengenai cara mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar, yang didapat dari Dinas Kesehatan Jawa Barat.
1. Basahi tangan kamu terlebih dulu dengan air yang mengalir
2. Gosokkan tangan dengan sabun
3. Gosok benar-benar semua bagian tangan dan jari selama 10-15 detik, terutama untuk membersihkan bagian-bagian bawah kuku, antara jari, dan tangan bagian atas
4. Bilas tangan dengan air bersih yang mengalir
5. Keringkan tangan dengan handuk yang bersih atau kertas tisu.

Nah, cuci tangan memakai sabun merupakan salah satu kegiatan kecil yang memiliki pengaruh besar. Oleh karena itu : Ayo, cuci tangan pakai sabun sekarang!***

Tidak ada komentar: