27 November 2009

INDAHNYA BERBAGI

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Malam itu, gema takbir membahana di seluruh penjuru bumi. Dari belahan bumi utara, belahan bumi timur, belahan bumi barat hingga belahan bumi selatan. Gema mengesakan Allah tersebut, terdengar mengiringi datangnya hari raya Idul Adha. Mengiringi hadirnya hari yang sangat suci dan sangat penuh kebahagiaan.
Hari raya Idul Adha memang hari raya terbesar dalam agama Islam. Di dalamnya terdapat ibadah penyembelihan hewan kurban, yang dimaksudkan untuk membunuh sifat-sifat hewani yang ada dalam diri setiap manusia. Kita sebagai seorang manusia yang telah diberikan akal dan pikiran diharapkan untuk tidak memiliki tingkah laku atau perbuatan yang menyerupai hewan.
Ibadah Kurban sendiri ada sejak nabi Ibrahim as, diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putranya, yaitu nabi Ismail as. Karena ketaatan yang cukup besar terhadap Allah, nabi Ibrahim tidak menolak, begitupula dengan nabi Ismail. Nabi Ismail pasrah asalkan itu untuk memenuhi salah satu perintah dari Allah Swt. Melihat ketaatan mereka berdua, Allah pun memerintahkan malaikat Zibril untuk mengganti nabi Ismail oleh kambing. Hingga akhirnya sampai sekarang, pelaksanaan kurban adalah dengan hewan semisal kambing ataupun sapi.
Kembali lagi ke momen Idul Adha. Sob, ternyata ada satu pelajaran penting yang harus kita ambil mamfaatnya dari datangnya hari raya Idul Adha ini. Disini, kita diajarkan untuk saling berbagi dengan sesama. Disini, kita diajarkan tentang rasa tolong menolong, kepedulian, dan tenggang rasa.
Oleh karena itu, mari kita bersama-sama meningkatkan rasa empati kita terhadap orang-orang yang membutuhkan. Karena, hakikat Idul Adha bukan hanya tentang seberapa besar sapi yang dikurbankan, atau seberapa banyak sate yang dapat kita makan. Karena seyogyanya idul Adha merupakan momen bagi kita untuk berbagi dan untuk lebih dekat dengan orang-orang yang lebih membutuhkan. Agar, dunia ini dapat merasakan indahnya berbagi yang menjadi tujuan utama dari Idul Adha!***

Tidak ada komentar: