03 Juli 2009

Messi Gusur Dominasi Ronaldo



NYON - Pemberitaan winger Cristiano Ronaldo terus menghiasi media massa terkait sebelum san sesudah kepindahannya ke Real Madrid. Namun tidak serta merta Ronaldo menjadi pemain terpopuler dan favorit bagi publik sepakbola dunia.

Bersadarkan studi yang dilakukan Fakultas Ekonomi, Olahraga dan Kepribadian Universitas Navarra, julukan pemain terpopuler dan favorit dialamatkan kepada gelandang serang Barcelona Lionnel Messi.

Dengan demikian, El Mesias paling berpeluang meraih penghargaan pemain terbaik Eropa atau biasa disebut Ballon d'Or 2009.

Messi diklaim sebagai pemain dengan profil tinggi di dunia dari segi penilaian media, ranking yang dapat pergi jauh untuk memastikan dia coveted Ballon d'Or di akhir tahun , sebuah penghargaan diserahkan oleh panel wartawan.

Menurut Fakultas Ekonomi, Olahraga dan Intangibles (ESI) di Universitas Navarra, Kamis (25/6/2009), riset mereka menemukan bahwa Messi adalah yang paling populer dan paling banyak dibicarakan media massa musim lalu. Satu gol di final Liga Champions semakin menegaskan dominasinya atas CR7.

Kendati kalah pamor dengan Messi, setidaknya Ronaldo bisa menjadi pemain termahal sepanjang sejarah sepakbola dunia. Dalam studi tersebutsebenarnya Ronaldo hanya dihargai 80 juta euro. Namun Madrid berani menambahkan nilainya 12 juta euro.

Hasil studi juga menyebutkan, Messi yang masih 22 tahun memiliki harga transfer 80 juta euro, disusul bintang Liverpool Fernando Torres 67 juta euro.

Dalam peringkat klub, United dan Barcelona berada di posisi teratas. Tapi pelatih United Sir Alex Ferguson dinobatkan paling berpengaruh dibandingkan arsitek Pep Guardiola

Tidak ada komentar: