01 Juni 2009

Nggak Semudah Ngebalikin Tangan…

Nggak Semudah
Ngebalikin Tangan…





Anak-anak Djadam lagi punya kerjaan baru. Mereka sekarang lagi kepincut sama yang namanya dunia tulis-menulis. Mereka lagi pengen jadi penulis cerpen di majalah. Emang, sih mereka gak punyabakat di bidang itu. Malah, nilai ngarang mereka juga gak lebih dari enam puluh lima doang, tapi mereka tetep ‘keukeuh’ pengen jadi penulis.
Ternyata alasannya adalah karena mereka ngiri sama kakak kelasnya yang dapet duit Cuma gara-gara cerpennya dimuat di majalah. Ternyata Cuma gara-gara duit? Gak apa-apa lah, itung-itung motivasi.
Anak Djadam pun mulai nulis. Mereka mulai bikin cerita yang menurut mereka bagus. Tapi pas di bagian tengah cerita mereka kebingungan. Merka gak tahu mau digimanain nanti ending nya.
“Gimana, kalau si cowok yang satunya ketauan selingkuh aja?” usul Ari Toge.
“Jangan!! Gimana, kalau ada yang ngalah aja?” tolak Ara.
“Nggak seru!!!” Kini semua anak Djadam yang menolak usul Ara.
“Gimana kalau gini aja…” Dwi mulai buka suara “Gimana, kalau salahsatu cowoknya mati, kan si ceweknya sedih, terus cowok satunya lagi dating buat ngehibur si cewek, dan mereka pun jadian”.
“Setuju!!!!”

***

Akhirnya, kini cerpennya dah beres. Habis di save di flash disk, tinggal pergi ke warnet buat ngiriminnya lewat e-mail. Tapi dasar gaptek! Gak ada satupun yang tahu cara ngirim e-mail. Akhirnya mereka pun meminta bantuan operator warnet buat ngirimin cerpennya.
Setelah cerpennyaterkirim, mereka pun pulang ke rumah. Di perjalanan mereka dah ngomong mau ini itu sama duit honornya kalau cerpen mereka dimuat. Anak Djadam yakin banget kalau cerpen pertamanya itu bakal dimuat.
Majalah yang ditunggu pun akhirnya terbit. Anak Djadam udah pada ngumpul di tempat majalah langganan mereka ngumpul. Tapi, setelah berulang-ulang membuka halaman demi halaman majalah itu, mereka tak menemukan cerpen mereka dimuat. Mereka sangat kecewa. Menggerutu karena cerpen mereka nggak dimuat.
“Kenapa sih cerpen kita nggak ada?” Tanya ari terlihat sangat kecewa.
“Malah cerpen yang jelek begini yang ada…” Ara mulai mengeluh.
“Padahal kan cerita kita jauh lebih keren?” Opick buka suara.
Tak ada yang bias ngejawab pertanyaan dan keluhan anak Djadam itu. Seseorang yang juga berada di took majalah tersebut berjalan menghampiri mereka. Dia adalah kakak kelas yang minggu kemarin cerpennya dimuat. “Gimana, ada cerpennya?” tanyanya sopan.
Anak-anak Djadam menggeleng.
“Ya udah coba aja lagi…” ucapnya lagi “Aku juga dulu nggak langsung dimuat. Tulisan sama cerpen-cerpen aku dah gak keitung yang ditolak. Banyak banget yang gak dimuat!!! Aku sadar ini gak semudah ngebalikin tangan. Cerita yang menurut kita bagus bias aja menurut redaksi nggak bagus. Perlu kesabaran, terus nyoba sambil ngeperbaiki tulissan-tulisan kita. Aku yakin kok, suatu saat kalian pasti bisa” lanjutnya sambil berjalan keluar dari toko majalah itu.
Kini semua pertanyaan anak-anak Djadam terjawab sudah. Nggak cukup sekali untuk berhasil. Thomas Alfa Eddison pun butuh 2000 percobaan buat nyiptain sebuah bohlam lampu. Karena buat nyoba sesuatu dan berhasil itu nggak semudah ngebalikin tangan.

Tidak ada komentar: