11 September 2009

Nikmatnya Berbuka

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan kenikmatan. Salah satu kenikmatan dari berpuasa itu bisa kita dapatkan saat berbuka puasa lho!
Ya…, waktu berbuka puasa menurut aku adalah waktu yang paling nikmat saat kita berpuasa. Dimana hamper selama empat belas jam kita tidak boleh makan dan minum, saat adzan Magrhib berkumandang kita diperbolehkan makan dan minum kembali. Begitu nikmat sekali. Apalagi berbuka puasa itu bisa membuat kita makan bersama seluruh anggota keluarga lain. Kalau di bulan-bulan lainnya kita jarang makan bersama, maka saat berbuka puasa kita dapat makan bersama dalam sebuah meja makan, bersama papa, mama, kakak, dan adik tercinta. Disana kita dapat cerita-cerita tentang pengalaman puasa tadi siang.
Buka puasa pun akan terasa lebih nikmat, jika kita melakukannya dengan tertib dan sesuai dengan aturan. Saat adzan magrhib datang, kita jangan terburu-buru untuk memakan nasi maupun makanan-makanan berat. Rasulullah SAW menganjurkan, saat berbuka puasa sebaiknya diawali dengan satu atau dua butir kurma dan segelas air putih. Setelah itu sebaiknya kita menunaikan dahulu shalat magrhib berjamaah bersama seluruh anggota keluarga. Baru, setelah itu kita berbuka dengan menyantap nasi ataupun makan makanan yang berat.
Ingat juga, buka puasa bukanlah ajang balas dendam. Kita tidak boleh makan terlalu banyak. Allah SWT sangat membenci orang yang berlebihan. Apalagi itu akan membuat kita kekenyangan dan ngantuk. Sehingga kita malas untuk melaksanakan ibadah shalat isya maupun shalat tarawih***

Tidak ada komentar: